IMG-20220927-WA0000
Home Kesehatan 5 Minuman Pembersih Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar

5 Minuman Pembersih Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar

getarnews
September 13, 2022
minuman pembersih usus (Foto: thinkstock)
minuman pembersih usus (Foto: thinkstock)
gh2

Minuman pembersih usus merupakan salah satu cara mendetoksifikasi bakteri jahat di dalam tubuh. Mengingat usus manusia merupakan rumah bagi lebih dari 100 triliun mikroorganisme yang berasal dari makanan dan gabungan bakteri jahat maupun baik. Bila jumlah bakteri jahat lebih banyak di dalam tubuh, ini bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk penyakit serius.
Adapun sistem pencernaan yang bekerja secara normal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara usus besar yang bersih dan bebas racun dengan penurunan berat badan.

Minuman Pembersih Usus
Dikutip dari Medicinenet, berikut beberapa minuman pembersih usus yang bisa dicoba di rumah.

  1. Air Putih
    Minum banyak air putih dan tetap terhidrasi adalah cara paling sederhana untuk mengatur pencernaan. Usahakan minum enam sampai delapan gelas air hangat per hari untuk membersihkan usus yang kotor. Selain itu, makan buah dan sayuran segar dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka dan tomat akan sangat membantu.
  2. Air Lemon dan Madu
    Konsumsi campurkan jus lemon segar dengan satu sendok teh madu di pagi hari saat perut kosong membantu membersihkan usus yang kotor.
  3. Jus dan Smoothie
    Minuman pembersih usus berikutnya jus dan smoothie. Jus adalah pembersih usus besar yang populer. Namun, tidak ada cukup penelitian tentang ini untuk usus besar. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan risiko.

Meski begitu, asupan jus dalam jumlah sedang bisa bermanfaat bagi tubuh termasuk usus besar. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan, membantu tubuh tetap terhidrasi.

Penelitian 2015 silam menemukan vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang ditambahkan ke campuran jus.

Sedangkan smoothie, bisa lebih bermanfaat bagi usus besar dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ampas dan kulit biasanya hilang saat membuat jus, jus mengandung lebih sedikit serat. Serat sangat bagus untuk usus besar dan smoothie mengandung lebih banyak serat.

  1. Teh Herbal
    Teh herbal dapat membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. ‘Ramuan pencahar’ seperti psyllium, lidah buaya, akar marshmallow, dan elm licin dapat membantu mengatasi sembelit. Pastikan untuk berbicara dengan dokter dan ikuti petunjuk dengan cermat sebelum menggunakan ramuan ini.

Herbal lain seperti jahe, bawang putih, dan cabai rawit mengandung fitokimia antimikroba. Ini dianggap menekan bakteri jahat.

  1. Jahe
    Bahan alami yang satu ini memiliki manfaat untuk merangsang pencernaan. Satu sendok teh jahe dan madu dapat dicampur dengan satu cangkir air hangat. Ini bisa dikonsumsi sekali atau dua kali sehari.

Baca artikel detikHealth, “5 Minuman Pembersih Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar” selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6291383/5-minuman-pembersih-usus-kotor-bikin-pencernaan-makin-lancar.

Related News

gh3

Baca juga

Rekomendasi

Dr. Abdul Hayat Gani, M.Si Jajaki Kemungkinan Maju di Bursa Pilkada Barru

Barru-getarnews.com  Menjelang Pilkada Barru yang di gelar pada tanggal 27…

Tingkatkan Kapasitas Jurnal, RJI Sulsel Kerjasama UNITAMA Selenggarakan Training Of Trainer

Makassar-getarnews.com  Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Provinsi Sulawesi bekerja sama dengan…

Aroma Pilkada Barru Mulai Merebak, 8 Nama Tokoh Sudah Menjadi Pembicaraan Publik

Barru-getarnews.com  Meskipun hasil pemilu legislatif belum diumumkan secara resmi oleh…

Sukses Menyandang Gelar Doktor, Dosen Teknik Informatika UNITAMA Raih Predikat Sangat Memuaskan Pada Sidang Promosi Doktor Pascasarjana UNM

Makassar-getarnews.com  Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar ujian terbuka promosi…

Andi Ina Kartika Sari : Kalau Mauki Bantuka, Dukungki’ Nurdin Halid Jadi Anggota DPR RI 

Barru-getarnews.com  Titik kampanye Nurdin Halid di Kabupaten Barru untuk kedua…

NH : Sosok Pemimpin yang Dinilai Memiliki Komitmen Tinggi dan Menghargai Pertemanan

Makassar-getarnews.com  Dari beberapa road show kampanye tatap muka yang digelar…

gh1

BISNIS

Berita dan artikel seputar ekonomi dan bisnis sebagai referensi keuangan anda.

Berita Populer

Berita Pariwisata

Berita dan artikel seputar pariwisata dalam dan luar negeri, sebagai referensi liburan anda.

close
close